TaihuLight, Komputer Terkencang di Dunia asal China

0
TaihuLight Komputer Terkencang di Dunia asal China
Foto: Dok. Jack Dongarra
Iklan Baris NAREMA.ID - Situs Pasang Iklan Baris Online Gratis Tanpa Ribet

Jakarta – Sunway TaihuLight berhasil merebut predikat komputer terkencang di dunia dari Tianhe-2. Dengan menggunakan chip buatan China, TaihuLight memiliki kecepatan tiga kali lipat lebih tinggi dari Tianhe-2. TaihuLight mampu mengolah data dengan kecepatan 93 quadrillion kalkulasi tiap detiknya, atau populer dengan sebutan petaflop.

TaihuLight menggunakan 41 ribu chip prosesor, yang masing-masing mempunyai 260 core. Totalnya, ada 10,65 juta core yang menjadi otak komputer ini, berbanding 560 ribu core yang ada di komputer paling kencang di AS.

Konsumsi daya TaihuLight terbilang hemat jika dibanding Tianhe-2. TaihuLight secara total mengkonsumsi 15,3 megawatt. Sementara Tianhe-2 mengkonsumsi 17,8 megawatt, dengan tingkat komputasi yang jauh lebih rendah — hanya 33 petaflop.

TaihuLight juga dibuat menggunakan semikonduktor buatan China. “Ini tidak berbasis pada arsitektur yang sudah ada. Mereka membuatnya sendiri. Ini sistem yang menggunakan prosesor China,” ujar Jack Dongarra, seorang profesor di Universitas Tennessee, yang juga pencipta sistem pengukuran untuk mengukur kekuatan komputer super yang ada di dunia.

Saat ini China memiliki 167 komputer super, yang lebih banyak ketimbang komputer super milik AS yang ada di daftar tersebut, yaitu 165. Padahal, sejak tahun 2001 tak ada satu pun komputer super China yang masuk ke dalam daftar 500 komputer super paling kencang.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here