Hati-hati Berbahaya! Charge Smartphone Menggunakan Charger Palsu

0
220
Hati-hati Berbahaya! Charge Smartphone Menggunakan Charger Palsu
Iklan Baris NAREMA.ID - Situs Pasang Iklan Baris Online Gratis Tanpa Ribet

Ayo jujur-juran, jika kalian harus memilih antara ketinggalan dompet atau smartphone, kalian pasti bakal lebih pilih ketinggalan dompet, kan? Tapi yang nyebelin adalah saat smartphone dibawa pergi yang jauh (menginap), eh charger smartphone malah ketinggalan. Kesel banget pasti!

Makin kesel kalo tiba-tiba baterai abis. Akhirnya ngecharge pake charger orang lain. Padahal bahaya loh ngecharge smartphone pake charger bukan bawaan.

 

Bahaya Ngecas Smartphone Pake Charger Palsu

Hanya karena memiliki bentuk port USB yang sama, bukan berarti kamu bisa ngecas smartphone Android dengan sembarang charger. Masih banyak hal yang harus diperhatikan, seperti panjang port, lebar port, hingga besar daya di adapter. Kalo hal itu tidak diperhatikan, bisa bahaya buat smartphone kamu.

1. Sensitivitas Layar Kacau

Saat kamu menggunakan adapter charger yang bukan bawaan smartphone, maka akan ada ketidaksesuaian arus listrik yang masuk. Jika arusnya tidak stabil, dampaknya bisa berakibat pada sensitivitas layar sentuh smartphone kamu. Apalagi jika kamu sering menggunakan smartphone sambil dicari.

bahaya-ngecas-pake-charger-palsu (1)

Ngaku deh, kamu pasti pernah ngalamin saat chatting sambil dicharge, ngetiknya jadi sering ngaco kan? Biasanya ini terjadi karena adanya arus listrik yang ‘luber’ ke layar. Hal ini kerap terjadi jika menggunakan charger palsu atau charger bukan bawaan.

 

2. Port USB Rusak

bahaya-ngecas-pake-charger-palsu (2)

Kebanyakan smartphone Android masih menggunakan port USB 2.0. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, karena jika kabel charger rusak, bisa menemukan banyak kabel lain yang sama. Tapi tetap harus hati-hati, panjang, dan lebar USB harus sama dengan yang asli. Karena jika lebih panjang atau lebih lebar, akan merusak port USB smartphone kamu.

 

3. Ngecas Smartphone Jadi Lama

Berhubungan dengan poin kedua, rusaknya port USB smartphone akan membuat proses isi ulang baterai semakin lama. Tapi walaupun port USB smartphone kamu tidak rusak, saat menggunakan charger palsu pasti isi ulang jadi lebih lama karena arus listrik yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang asli.

bahaya-ngecas-pake-charger-palsu (4)

Kamu bisa saja menggunakan charger lain yang mendukung fitur fast charging, tapi kembali lagi apakah semuanya sama dengan yang asli? Karena jika ukuran USB-nya tidak sama, tentu akan berimbas pada rusaknya port USB yang memicu lamanya proses isi ulang smartphone di kemudian hari.

 

4. Baterai Semakin Boros

bahaya-ngecas-pake-charger-palsu (3)

Selain pemakaian secara terus menerus dan berlebihan, baterai smartphone juga bisa aus jika sering dibiarkan ngecas dalam waktu yang lama. Karena aus, maka secara perlahan baterai pun semakin boros. Ingat, setiap jenis baterai memiliki life circle. Semakin lama dicas, semakin cepat life circle-nya habis.

Apa kamu adalah orang yang selalu meminjam charger orang lain karena malas? Setelah membaca artikel ini kalian jadi tahu bahwa hal tersebut tidak baik bagi smartphone kamu. Sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut dari sekarang dengan selalu membawa charger bawaan smartphone kemana pun. Toh semuanya demi kebaikan smartphone kamu juga, kan?