Cara Membuat Vlog (Video Blog)

0
Cara Membuat Vlog (Video Blog)
Iklan Baris NAREMA.ID - Situs Pasang Iklan Baris Online Gratis Tanpa Ribet

Vlog sepertinya bukan lagi hal asing bagi orang Indonesia. Sudah banyak YouTuber Indonesia yang secara rutin membuat Vlog dan mengupload ke YouTube.  Tidak jarang video Vlog dari para Youtuber Indonesia ini masuk ke dalam trending Video ditemani video popular lainnya.

Kabarnya, penghasilan dan ketenaran yang didapatkan oleh YouTuber Indonesia melalui video Vlog sangatlah fantastis sehingga membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk memulai karirnya di YouTube dan membuat Vlog. Sayangnya nih di Indonesia sendiri masih sedikit artikel atau tutorial yang membahas bagaimana cara membuat vlog di YouTube.

Nah, pada artikel kali ini, Narema.id akan berusaha menjelaskan sedetail dan sejelas mungkin sebuah jawaban dari pertanyaan kalian yang berbunyi: “Gimana sih caranya membuat Vlog di YouTube dan menjadi YouTuber terkenal ?”

Untuk kalian yang masuk kedalam artikel ini dengan tanpa sengaja, dan belum tahu apa itu Vlog , berikut penjelasannya.

Apa sih yang dimaksud dengan Vlog?

Vlog adalah singkatan dari Video Blog atau bisa juga diartikan sebagai Blog dalam bentuk Video. Vlog biasanya merekam kegiatan seseorang atau berisi pembahasan topik tertentu. Vlog saat ini lebih identik dengan YouTube, travel vlogger dan motovlog adalah 2 topik yang paling popular dan sering digunakan oleh YouTuber dalam membuat sebuah video blog.

Jadi jika sebuah posting blog biasanya menjelaskan dan membahas topik tertentu melalui rangkaian tulisan, gambar dan file multimedia lain, sedangkan sebuah vlog menjelaskan atau membahas topik tertentu melalui rekaman percakapan dan video ditambah file multimedia pendukung lain seperti musik dan gambar.

5 Langkah Mudah Cara Membuat Vlog Yang Cepat Populer

Langkah pertama,

Buat Dulu Akun Youtube dan Channel Youtubenya

Modal awal untuk jadi youtuber ya membuat akun dan sebuah channel dengan nama unik dan menarik di Youtube.

Langkah kedua,

Persiapan Membuat Vlog

Gunakan kamera yang bagus untuk merekam sebuah Vlog, minimal kamera dengan resolusi video 720p , tapi kalau bisa gunakan kamera 1080p agar kualitas vlog semakin maksimal.

Kamera apa yang cocok untuk vlog ?

10 Kamera untuk Vlog yang biasa dipakai oleh Youtuber

Banyak yang bilang untuk membuat Vlog kita butuh kamera sekelas DSLR, tapi sebenarnya dengan kamera murah dan pencahayaan yang baik, Vlog akan tetap terlihat professional dan nyaman untuk ditonton.

Perhatikan juga kualitas Audio dari vlog kalian, jika built in microphone yang ada pada kamera tidak menghasilkan suara yang maksimal , kalian bisa menggunakan microphone eksternal yang harganya tidak terlalu mahal. Microphone yang ada pada Smartphone juga bisa kalian gunakan jika hasilnya lebih jernih dibanding audio yang dihasilkan oleh kamera.

Vlog tentang apa yang harus saya buat ?

Jawabannya tergantung dari apa yang ingin kalian capai. Jika kalian hanya ingin sekedar upload vlog ke youtube, silahkan upload video kehidupan sehari-hari kalian dari bangun tidur sampe tidur lagi, tapi dijamin video kalian gak bakalan populer, paling yang nonton cuma 2 atau 3 orang hehe.

Jika kalian ingin vlog kalian populer dan ditonton banyak orang, upload lah vlog dengan menggunakan topik video youtube yang disukai oleh masyarakat.

Tapi saya gak ada passion di topik yang disukai masyarakat? Kalau gitu, silahkan buat Vlog dengan topik yang kamu ciptakan sendiri, tapi ingat! Jangan pernah meniru Vlog youtuber yang sudah terkenal, para youtuber terkenal memang kerap mengupload Vlog dengan topik yang gak penting tapi banyak penontonnya, hal ini dikarenakan para penonton tidak memikirkan topik dari vlognya namun siapa yang membuat vlognya.

Nah, jika kalian sudah punya kamera yang bagus, topik yang ingin diangkat dan perlengkapan pendukung lainnya, maka lanjut ke langkah berikutnya.


Langkah ketiga,

Buat Vlog Pertamamu

Jangan banyak basa-basi 

Misalnya jika kalian ingin membuat travel vlog, sebagai channel youtube baru, jangan melakukan basa-basi busuk yang terlalu lama, karena akan meningkatkan bounce rate video kita.

Hindari intro atau perkenalan yang terlalu lama, contohnya, “Selamat datang di channel Ngevlog, channel ini adalah channel yang khusus mengupload vlog berkualitas tinggi tentang apa saja yang bisa di rekam, kali ini gw mau ke bandung dan nyari keindahan alamnya yang tersembunyi, ….. sambil teriak halo warga bandung apa kabarnyaaaaa? jangan lupa subscribe, like, share, tonton video lainnya dan kunjungi website kita supaya gw bisa kaya dan banyak duit”

Sebenarnya, kita bisa membuat judul video menggunakan kalimat efektif sehingga orang akan tahu apa isi dari vlog tersebut tanpa harus dijelaskan secara bertele-tele. Pada awal video langsung saja buka dengan singkat “Hai gw Livia , hari ini gw mau jalan-jalan ke bandung dan meng-eksplor keindahan alamnya” …. sambil manasin mesin motor.

Ambil video sebanyak mungkin

Biasanya para youtuber menyebutnya footage, nah kalau kita ngerekam video banyak maka kita bakalan punya bahan yang banyak untuk dibawa pulang dan kita edit. Setiap merekam video kita pasti akan melakukan kesalahan atau kita merasa rekaman kita kurang  pas, kurang keren.

Semakin banyak footage yang kita punya, maka semakin leluasa kita dalam mengedit video mentah dari kamera menjadi sebuah Vlog yang siap diupload ke youtube.

Edit Vlog agar lebih sempurna 

Cara membuat vlog , Software Edit Video Vlog
Contoh Software Edit Vlog

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kita terkadang mendapatkan hasil rekaman yang kurang sempurna. Lakukan edit ringan seperti koreksi warna dan cahaya, Reduce camera shake, penambahan watermark dan intro jika dirasa perlu untuk branding.

Ngeditnya pake software apa ? Kalian bisa menggunakan beberapa software edit video seperti Adobe Premiere, After Effect, atau Sony Vegas. Namun jika kalian belum terlalu paham dengan cara menggunakannya, kalian bisa menggunakan software untuk edit video yang lebih mudah, ringan dan bisa didapatkan secara gratis.

Langkah keempat,

Upload Vlog

Cara membuat vlog , cara upload video
Upload video

Jika kalian sudah memiliki Vlog yang siap untuk diupload ke youtube, lakukan segera pengunggahan dengan optimasi khusus agar video kalian cepat populer.

Beberapa optimasi yang bisa kalian lakukan dengan mudah antara lain :

  • Berikan judul vlog yang menarik dan berkaitan dengan trending topic
  • Tulis deskripsi vlog yang jelas dan panjang
  • Promosikan vlog lewat social media
  • Share vlog lewat forum kaskus, dan situs yang memperbolehkan kita untuk share video.

Langkah kelima,

Yang Harus Dilakukan Agar Channel Bisa Berkembang

Banyak yang mengeluh setelah membaca artikel – artikel tips dan trik menjadi youtuber disini karena katanya mereka sudah membuat channel youtube dan mengupload video tapi tidak terkenal. Ternyata mereka ini suka yang instan hehe.

Baru upload video 1 lalu mengeluh karena subscriber dan pendapatan tidak kunjung meningkat, sebagai gambaran YouTuber akan mulai sukses dan dikenal itu rata-rata saat sudah aktif di YouTube setidaknya selama 6 Bulan dengan 1 video baru dan original setiap 2 minggu.

Lalu bagaimana caranya agar channel bisa populer lebih cepat?

Cara agar channel youtube cepat populer yang bisa kalian lakukan itu hanya 2.

  1. Upload video unik (bukan reupload video orang lain dan yang pertama) dengan membahas topik yang sedang banyak dicari oleh orang banyak.
  2. Upload video berkualitas setiap hari dan lakukan optimasi dengan maksimal.

 

Vlogger Terkenal

Dalam kancah internasional ada CaseyNeistat yang merupakan salah seorang youtuber yang terkenal akan vlognya. Sedangkan di indonesia ada beberapa Youtuber yang kerap membuat Vlog, contohnya Raditya Dika dengan RVLOG nya.

 

Nah, sekian penjelasan bagaimana cara membuat Video Blog. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian yang ingin mulai untuk membuat Vlog. See ya!


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here